PANGANDARAN – Indonesia Berbagi salurkan 40 paket bantuan sembako untuk korban bencana banjir di Dusun Kandang Menjangan dan Dusun Karang Salam Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran pada hari Senin (06/11). Kedua dusun tersebut merupakan daerah yang minim bahkan belum tersentuh bantuan.

“Dusun Karang Salam, kami pilih sebagai salah satu lokasi penerima bantuan karena merupakan salah satu daerah terdampak cukup parah akibat banjir yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Pangandaran (07/10). Hampir dipastikan, setiap tahunnya banjir terjadi di dusun tersebut. Banjir yang terjadi disebabkan arus air yang datang dari dua arah. Pertama, arus yang berasal dari dataran tinggi ketika hujan lebat, datang turun melalui sungai Cikidang yangg merupakan sungai utama di desa tersebut. Kedua, arus yang berasal dari pasangnya air laut yang menyebabkan air sungai Cikidang meluap dan hampir dipastikan merendam seluruh desa,” jelas Dadan Sundana, Manager Program Indonesia Berbagi.

Akibat dari banjir tersebut, perekenomian warga sekitar sangat menurun drastis dikarenakan warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani tidak bisa memanen hasil sawahnya karena tergenang banjir. Banyak warga yang beralih profesi menjadi penyadap kelapa, tukang bangunan, ada juga yang menjadi nelayan, akan tetapi hanya 1-2 orang karena jarak dari desa ke laut cukup jauh, sehingga banyak yang menjadi pengangguran sambil menunggu sawahnya bisa digarap kembali. Hal ini tentu tidak mudah, karena pekerjaan mereka yang awalnya hanya sebagai petani, tiba-tiba harus beralih profesi ke pekerjaan lain.

Ketika bantuan didistribusikan untuk desa tersebut, Bapak Wagil, DKM setempat sangat bersyukur,  “Insya Allah bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga Indonesia Berbagi terus jaya dan sukses, dan semoga silaturrahim ini tetap terjalin,” tuturnya. (BERBAGI/Nursyamsiah/Pangandaran)


Share it on

Comment (0)


No Comment Yet


Leave a Comment

Membantu usaha seseorang, Akan mengubah dunia ini.